Sekda Buton Pimpin Rakor Implementasi Pesiar Program BPJS

  • Jul 17, 2024
  • Diskominfosandi Buton
  • PEMDA BUTON

Takawa, Kominfo News- Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Asnawi Jamaluddin S.Pd,.M.Si memimpin forum kegiatan koordinasi monitoring dan evaluasi implementasi pelaksanaan petakan, sisir, advokasi, dan registrasi "PESIAR" dalam program jaminan kesehatan Kabupaten Buton di Ruang Rapat VIP Bupati Buton, Pasarwajo, Selasa 16 Juli 2024.

Kepala Cabang BPJS Kota Baubau, Diah Eka Rini menyampaikan tujuan kegiatan implementasi Pesiar ini untuk tercapainya pemahaman yang sama dalam mendukung Program JKN melalui implementasi PESIAR.

“Giat ini juga bertujuan untuk tercapainya komunikasi dan koordinasi yang baik antara Pemda maupun pemdes terkait pelaksanaan PESIAR meliputi penyampaian saran dan gagasan pemecahan masalah perumusan rencana kerja sama yang strategis sehingga terwujudnya kemudahan akses layanan bagi penduduk,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa Pesiar merupakan suatu kegiatan sosial marketing terencana dalam rangka rekrutmen peserta dan meningkatkan keaktifan peserta JKN yang dilakukan pihak ketiga yang ditugaskan atas rekomendasi perangkat daerah terkait.

Manfaat program PESIAR bagi Desa/Kab/Kota dapat membantu pencapaian penurunan angka kemiskinan ekstrim.

program ini merupakan upaya BPJS Kesehatan mencari dan meregistrasi masyarakat yang belum mendapatkan perlindungan jaminan kesehatan, atau menjadi peserta jaminan kesehatan nasional. 

Dikatakannya melalui program Pesiar ini, masyarakat yang belum terlindungi jaminan kesehatan akan dipetakan, disisir dan diberikan advokasi agar terdaftar sebagai peserta JKN.

Selain program PESIAR, BPJS juga memiliki program SRIKANDI yakni sinergi rekrutmen reaktivasi Perseta JKN melalui Pemerintah Daerah pihak ketiga.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Buton, Asnawi Jamaluddin S.Pd,.M.Si dalam arahannya menyampaikan hal ini menjadi perhatian kita semua terutama dari pihak Pemda yakni para OPD terkait maupun pihak desa untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Buton untuk mendapatkan jaminan kesehatan yang baik.

“Dalam pendataan harus adanya pendataan dari yang aktif, tidak aktif maupun yang tercatat nama ganda sehingga kita memulai dengan menertibkan data baru bergerak semua menjalankan program dengan tujuan yang kita harapkan bersama,” katanya.

Sekda Buton berharap melalui program Pesiar ataupun Srikandi dari program BPJS ini dapat membantu masyarakat Kabupaten Buton bisa memiliki jaminan kesehatan yang baik dan merata.

Kredit : FB Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Buton